6 Perilaku diet salah dalam menurunkan berat badan

Dalam menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, masih banyak kesalaham-kesalahan oleh pelaku diet yang umumnya bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh.

perilaku diet salah dalam menurunkan berat badan

Beberapa perilaku diet yang masih sering terjadi

Berikut  kesalahan diet yang umum dilakukan pelaku diet dalam upaya menurunkan berat badan.

1. Meninggalkan waktu makan utama
Sering kali pelaku diet meninggalkan tiga waktu makan seperti makan pagi, siang dan malam. Anggapan mereka ,dengan melewatkan kebiasaan tersebut, maka proses menurun berat badan akan semakin mudah Padahal beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan pengaturan waktu makan yang baik, dapat menjaga berat badan ideal. Hanya saja, untuk menyesuaikan dengan diet yang dijalankan, anda bisa merubah menu makan dengan beberapa jenis bahan makanan untuk diet yang dianjurkan para ahli kesehatan.

Makan dengan teratur juga dapat mengurangi kegiatan nyemil (konsumsi makanan ringan), karena perut sudah merasa kenyang.

2. Mengangap enteng kandungan makanan ringan.

makanan ringan dengan kalori tinggi

Makanan ringan bukan berarti kalori didalamnya juga kecil. Hal ini bisa sebaliknya, kadar kalori dalam beberapa jenis makanan ringan bisa lebih tinggi dari beberapa bahan makanan yang anda konsumsi ketika makan pagi, siang, dan malam. Untuk itu, sebaiknya hentikan segera kebiasan nyemil, dan bila anda sulit untuk melakukannya, silahkan pilih terlebih dahulu beberapa jenis cemilan dengan kandungan kalori yang rendah. Anda juga bisa menganti makanan ringan tidak sehat dengan makanan ringan sehat yang sekarang ini sudah bisa anda dapatkan secara mudah.

3. Konsumsi minuman berkalori tinggi

kopi dan krim mengandung kalori yang tinggi

Kebiasaan lainnya yang masih banyak dilakukan oleh pelaku diet yaitu mengkonsumsi minuman berkalori tinggi. Beberapa jenis minuman tertentu seperti kopi dan krim, serta minuman bersoda, memiliki kadar kalori yang  hampir sama dengan cemilan tidak sehat yang biasa anda makan. Jadi menjadi hal yang sia-sia bila anda menjauhi makanan ringan dan mengantinya dengan minuman manis.

4. Mengurangi asupan air mineral.
Anggapan bahwa air mineral dapat menjadikan tubuh gemuk merupakan hal yang keliru. Air mineral sebenarnya dapat membantu meningkatkan proses metabiolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh.

5. Penetapan target diatas batas wajar
Sering pelaku diet terlalu menargetkan penurunan yang terlampau tinggi dalam batas waktu yang singkat. Kondis ini tentunya akan mendorong anda melakukan segala cara untuk mencapai target tersebut, tidak perduli apakah cara yang anda tempuh baik untuk kesehatan atau tidak. Ingat, batas maksimal penurunan berat badan yang dianjurkan ahli kesehatan adalah setengah sampai 1 kilogram dalam satu minggu.


6. Mengukur penurunan berat badan tiap hari.
Melakukan hal tersebut adalah sia-sia bila diet yang anda jalankan baru sekitar 1-3 hari. karena umumnya penurunan yang terjadi dalam waktu tersebut adalah berkurangnya kadar air, bukan lemak tubuh. Umumnya penurunan berat badan dengan berkurangnya lemak akan mendapatkan hasil setelah satu minggu.

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.