cara sederhana menjalankan diet sehat

Cara diet sehat pada dasarnya adalah bagaimana anda mengelola pola makan dengan baik, termasuk didalamnya mengatur menu makan untuk dikonsumsi. Diet dikatakan sehat apabila tubuh tetap mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Langkah sederhana menjalankan diet sehat

Untuk menjalankan diet sehat, anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana tapi memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam penurunan berat badan, berikut beberapa cara diet sehat yang terbilang sederhana  untuk anda jadikan panduan:
  1. Tentukan target yang sehat dan sesuai dengan kemampuan tubuh anda setiap minggunya. Anda bisa memulainya dengan target-target kecil dan bisa dibilang sederhana tapi memiliki nilai penting dalam menunjang perubahan  gaya hidup anda secara berkelanjutan.contoh sederhananya sebagai berikut: bila anda biasa makan mie instan setiap hari, maka targetkan untuk mengkonsumsinya minimal seminggu sekali.
  2. Memberikan kegiatan kepada tubuh untuk tetap aktif bergerak, salah satunya dengan melakukan olahraga yang kita sukai seperti futsal, bulu tangkis , dan sepakbola. Dengan memilih olahraga yang kita sukai, tentunya kita akan dengan senang hati melakukannya secara berulang-ulang dalam setiap minggunya. Tapi bila tidak memiliki waktu luang sama sekali ,sempatkan minimal 30 menit setiap pagi untuk melakukan olah tubuh sebelum anda mulai beraktivitas. Paling sedikit, usahakan untuk berolahraga 2-3 jam setiap minggunya.
  3. Kurangi bahkan kalau bisa hilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan dalam kemasan, dan makanan siap saji karena mengandung kalori tinggi, garam, dan juga bahan pengawet.
  4. Kurangi juga makanan yang digoreng, karena umumnya kalori didalamnya cukup tinggi, sebaiknya anda pilih makanan yang proses pengolahannya dengan cara direbus atau dikukus. Makanan jenis ini umumnya masih memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap, dan yang terpenting kalori dan lemak jenuh didalamya jauh lebih rendah dibandingkan makanan yang digoreng.
  5. Mulailah sedikit demi sedikit mengurangi porsi nasi putih dalam piring anda, dan penuhi dengan menu lainnya seperti ikan, daging tanpa lemak, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa menganti nasi putih dengan nasi merah atau kentang. Tutup acara makan anda dengan konsumsi buah-buahan yang tidak terlalu manis ,seperti alpukat, toma, apel, dll.
  6. Cara sederhana menjalankan diet sehat lainnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan air mineral, meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat cukup tingg, sehingga dapat memberikan perasaan kenyang cukup lama. Dan paling utama, jangan lewatkan waktu makan utama anda, sehingga anda dapat menghindari kebiasaan nyemil.

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.