Hindari diet tidak sehat dalam menurunkan berat badan

Cara diet ~ Bagi para pelaku diet, umumnya ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam waktu sesingkat-singkatnya. Sehingga mereka merubah pola makan secara drastis. Hal ini tentunya sangat beresiko terhadap kesehatan tubuh.

diet tidak sehat dalam menurunkan berat badan

Efek negatif diet tidak sehat

Berikut beberapa efek negatif yang akan dirasakan tubuh, ketika anda memilih untuk menjalankan diet tidak sehat:
  1. Perubahan pola makan secara mendadak seperti mengurangi porsi makan dengan drastis, akan membuat tubuh kekurangan kalori sehingga tubuh menjadi lemas dan mudah lelah.
  2. Pengurangan asupan makanan secara drastis juga memungkinkan tubuh kekurangan beberapa nutrisi penting seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat dan lemak. Tidak tercukupinya nutrisi tersebut membuat kesehatan tubuh menjadi menurun dan lebih rentan terserang penyakit karena penurunan daya tahan tubuh.
  3. Menjalankan diet terlalu keras juga bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan otot tubuh. Untuk anda ketahui. Diet yang dijalankan dengan ekstrim, bukan membakar lemak dalam tubuh, tapi malah membakar otot-toto tubuhsehingga jaringan otot tubuh anda menjadi rusak.
  4. Diet tidak sehat juga bisa memicu timbulnya beberapa gangguan lainnya pada tubuh, seperti rambut mudah rontok, siklus haid yang tidak teratur, tubuh kekurangan cairan (dehindrasi),terjadinya ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, bahkan bisa menyebabkan batu empedu.
  5. Perlu diperhatikan, Cara diet cepat sebenarnya tidak efektif dalam menjaga berat tubuh tetap ideal dalam jangka waktu lama. Karena biasanya, bila berat tubuh yang diinginkan telah tercapai, cenderung pelaku diet akan melakukan kebiasaan pola makan lama ,sehingga pencapaian berat tubuh sulit untuk dipertahankan. Untuk itu, lebih baik anda menjalankan program diet sehat yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan, walau memerlukan waktu yang cukup lama dalam prosesnya, tapi pencapaian hasil dari diet sehat ini cenderung akan bertahan lama.

Sebagai tambahan, dalam diet sehat, penurunan berat tubuh ideal yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan yaitu sekitar setengah sampai satu kilo dalam seminggu. Untuk ukuran setengah kilogram lemak, mengandung kurang lebih 3500 kalori. Sehingga untuk menurunkan berat badan setengah kilo saja, anda harus menghilangkan sekitar 500 kalori setiap harinya dari dalam tubuh.

Postingan terkait:

Diberdayakan oleh Blogger.